Sekilas tentang PMR

PMR – Program Magang Ravacana merupakan program berbagi pengalaman bersama teman-teman yang memiliki ketertarikan pada dunia film. Teman-teman anggota PMR akan mengikuti magang dengan durasi tiga-empat bulan. Kegiatan PMR diisi dengan kelas teori dan praktik yang akan diampu oleh praktisi film Indonesia. Pada masa akhir pelaksanaan PMR, para anggota akan meluncurkan satu karya audio visual yang diramu secara kolektif. Baca selengkapnya tentang PMR. 

Karya PMR

Setiap angkatan PMR meluncurkan satu karya audio visual yang diramu secara kolektif pada akhir periode. Selain karya audio visual, anggota PMR juga meluncurkan satu resensi film sebagai respon mereka terhadap karya film sineas lain. Cek di bawah:

Karya Film Karya Tulis

 

Selengkapnya tentang PMR Angkatan VIII

Kegiatan PMR secara garis besar terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas teori dan kelas praktik. Kelas teori membahas tentang teori-teori dalam film antara lain, penyutradaraan, produserial, penulisan, sinematografi, tata artistik, tata suara, dan penyuntingan. Kelas-kelas tersebut diampu oleh para anggota tim dan kerabat sineas Ravacana Films. Teman-teman anggota PMR akan diberikan kesempatan untuk memilih satu bidang peminatan. 

Setelah mengikuti kelas teori, teman-teman anggota PMR akan berkesempatan untuk mengikuti praktik lapangan. Kegiatan praktik lapangan dapat berupa keterlibatan dalam produksi karya film Ravacana Films atau pembuatan karya audio visual mandiri oleh para anggota PMR. 

Periode PMR Angkatan VIII

Agustus – November 2021 bertempat di Yogyakarta, Indonesia.

Syarat Pendaftaran

a. Memiliki minat dan keinginan belajar di bidang perfilman.
b. Minimal berumur 21 tahun atau mahasiswa semester 4 ke atas.
c. Sehat jasmani dan rohani.
d. Mampu bekerja dalam tim.
e. Berkomitmen mengikuti PMR dari awal hingga akhir periode secara tatap muka.
f. Mengisi formulir pendaftaran PMR dengan lengkap dan jelas.
g. Bagi peserta yang lolos, diwajibkan untuk melampirkan surat bebas COVID-19 dibuktikan dengan tes swab antigen 1 hari sebelum aktif PMR.

Waktu Pendaftaran

26 Juli – 1 Agustus 2021.